Naratama - Proses pengembangan setelah lulus KPD atau KPL dengan menerapkan Rencana Tindak Lanjut selama enam sampai dua belas bulan.
Proses pengembangan dari dua jenis kursus tersebut harus selesai sebagai syarat memperoleh lisensi sebagai Pelatih Pembina.
Lisensi tersebut berfungsi sebagai salah satu syarat menjadi Pelatih Pembina dan kursus ketingkat yang lebih tinggi lagi.
Selain itu juga berfungsi sebagai persyaratan yang harus termiliki bagi anggota yang hendak menduduki jabatan tertentu dalam Gerakan Pramuka.
Bentuk lisensi pembina yang termaksud adalah Surat Hak Latih (SHL). Surat Hak Latih adalah surat kewenangan untuk menjadi Pelatih Pembina dari Kwarcab.
Isi SHL adalah keterangan bahwa yang bersangkutan memiliki lisensi untuk menjadi Pelatih Pembina Pramuka dalam wilayah kerja Kwarcab.
Lisensi itu pun terbagai menjadi dua jenis yaitu SHL Dasar dan SHL Lanjutan.
Untuk SHL Dasar terkhususkan bagi anggota yang telah lulus KPD dan menyelesaikan Naratama Pramuka selama 6 – 12 bulan.
CONTOH LAPORAN NARATAMA I
PELATIH PEMBINA PRAMUKA TINGKAT DASAR
NONO CAHYONO S.Pd
PUSDIKLATCAB …………………
GERAKAN PRAMUKA KWARTIR CABANG ..………………………..
2022
LEMBAR PENGESAHAN
Laporan Pelaksanaan Rencana Tindak Lanjut ( RTL ) Kursus Pelatih Tingkat Dasar (KPD) di Kwaran Kec. ...................... ini telah disetujui dan disahkan pada :
Tanggal : ....................................................
Tempat : ....................................................
Dan dinyatakan telah memenuhi syarat untuk memperoleh ijazah Kursus Pelatih Dasar (KPD) Kwartir Ranting Gerakan Pramuka Kab. .................. Tahun 2018 di Kwartir Ranting Kec. ...................., Laporan kegiatan ini di buat sesuai dengan RTL yang diajukan ke Pusdiklatcab ........... dan telah dilaksanakan selama masa pengembangan Kursus Pelatih Tingkat Dasar (KPD) selama 6 Bulan mulai dari bulan ........ s.d ...... 2022.
Indramayu, .......................
Pimpinan Kursus, Pelatih Pendamping,
................................ ................................
Mengetahui,
Ketua Pusdiklatcab ......
................................
KATA PENGANTAR
Pertama-tama kami panjatkan puji dan syukur kepada Allah SWT bahwasanya kami dapat menyelesaikan Rancangan Tindak lanjut ( RTL ) Gerakan Pramuka pasca Kursus Pelatih Tingkat Dasar ini.
Sekolah .................. Tahun Pelajaran ........... RTL ini disusun dengan maksud untuk dijadikan pedoman operasional dan pelaksanaan kegiatan atau pun latihan sehari-hari agar dapat tercipta pola pelatihan yang sistematis.
RTL yang kami sajikan berisi uraian mengenai program kegiatan yang akan dilaksanakan untuk tahun ............. RTL ini dimaksudkan untuk memberikan deskripsi mengenai Program Kerja Gerakan Pramuka Sekolah ................... selama satu tahun ke depan, sehingga dapat dijadikan pegangan dan dasar dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan Gugus depan dan Kwartir Ranting Kec. ......................
Akhirnya kami ucapkan terima kasih kepada :
- Kak .......................... selaku ketua Kwarting Cabang Gerakan Pramuka Kab. Indramayu
- Kak .......................... selaku kepala PUSDIKLATCAB Gerakan Pramuka Kab. Indramayu
- Kak .......................... selaku Pimpinan Kursus Pelatih Tingkat Dasar di Kwaran ................ tahun 2022.
- Kak .......................... selaku ketua Kwartir Ranting Gerakan Pramuka Kec. ..................
- Kak .........................., Selaku Pelatih pendamping
- Jajaran pusdiklatcab ................... beserta panitia pelaksana yang telah melakukan kegiatan Kursus Pelatih Dasar (KPD) di Kwartir Ranting Kec. ............. Tahun 2022
- Kepala Sekolah .................. yang telah memberikan bimbingannya
- Rekan-rekan Peserta Kursus Pelatih Dasar (KPD) Kwarcab ................ di Kwaran Ranting ................... Tahun 2022
Kepada semua pihak yang telah membantu kami dalam penyusunan Rencana Tindak lanjut ini, dan kami mohon kepada Allah SWT semoga kita semua senantiasa diberikan petunjuk dan bimbingan-Nya sehingga dalam melaksanakan tugas mendapat kekuatan lahir dan batin. Tak lupa saran dan kritik sangat kami nantikan.
GERAKAN PRAMUKA
KWARTIR CABANG ..............
Jalan ............................
SURAT KETERANGAN PESERTA
NARA TAMA DASAR
Nomor
: .........................
Yang bertanda
tangan di bawah ini :N a m
a :NTA : Jabatan :Alamat :Kwarcab : Dengan ini Menerangkan dengan
sebenarnya bahwa : N a m a :NTA :Jabatan :Pangkalan : Alamat :Kecamatan : Telah memenuhi syarat sebagai peserta Naratama Dasar Yang di selenggarakan di Pusat Pendidikan dan Pelatihan Pramuka Kwartir ...................
Demukianlah surat Keterangan ini dia buat dengan sebenarnya semoga dapat di pergunakan dengan
semestinya.
.................., ............ 2022 Ketua Pusdiklatcab .......
...................................
DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL
LEMBAR PENGESAHAN
KATA PENGANTAR KETERANGAN MELAKUKAN NARATAMA DASAR
DAFTAR ISI
BAB I PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang1.2 Dasar Hukum
1.3 Tujuan
BAB II RENCANA TINDAK LANJUT
2.1 Peran Pembina dalam melatih Pramuka
2.2 Rencana Tindak Lanjut (RTL)
2.3 Sekilas kegiatan KPL
BAB III KEGIATAN DI MASA PENGEMBANGAN
3.1 Lomba .....3.2 Perkemahan ......
3.3 Kegiatan di Gugusdepan ......
3.4 Pembekalan ........
3.5 Gladian .......
3.6 Temu .....
3.7 Kegiatan yang dilakukan di Gugudepan
BAB IV KESIMPULAN DAN SARAN
4.1 Kesimpulan 4.2 Saran
Daftar Pustaka
Lampiran
Dokumentasi
BAB
I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Di dalam pendidikan Kepramukaan tujuan seorang pembina
pramuka sebelum terjun kelapangan
selalu merencanakan untuk menciptakan siswa-siswinya menjdi seorang anak pramuka yang terampil dan berbudi pekerti luhur. Namun untuk
mencapai tujuan yang mulia ini bukan
hal yang mudah karena sebagian besar siswa dan Orang tua masih menganggap bahwa Pramuka
itu hanyalah tempat bermain, bernyanyi dan tepuk-tepukan saja. padahal di dalam pelatihan
yang di lakukan di sekolah pelatih/pembina pramuka selalu menanamkan 3 hal pokok seperti :
- Kedisiplinan
- Budi
pekerti luhur
- Keterampilan
Kurangnya pemahaman
peserta didik dan orang tua ini merupakan ancaman bagi pelaksanaan kegiatan
pramuka di gugus depan. Sebagai
seorang pelatih memang
di tuntut kerja kerasnya yang terencana dengan baik sehingga masalah-masalh seperti ini dapat secara
beransur-ansur di hilangkan dari pemahaman yang keliru dari pihak-pihak yang nota bene nya bukan orang pramuka.
1.2 Rumusan masalah
Di dalam Pelaksanaan kegiatan di gugus depan ,pembina
mencoba meramu berbagai
macam kegiatan sehingga
tujuan yang ingin
di capai oleh seorang pelatih/pembina bisa terealisasi. Mengingat akan akar masalah tadi antara lain
- Kurangnya pemahaman
orang tua murid tentang pramuka
- Kurang kesiapan
siswa dalam menerima
tantangan perubahan
- Masih
banyaknya orang yang menganggap
kegiatan Pramuka hanyalah arena bermain saja
Untuk mengatasi permasalahan yang ada ini tentunya seorang Pelatih/Pembina Pramuka harus benar-benar memiliki
visi dan Misi yang jelas
dalam melaksanakan pelatihan
dan kegiatan di Gugus depan yang di binanya. Sehingga nantinya
dapat beransur-ansur menepis pemahaman yan g keliru
dari orang-orang yang tidak
paham akan apa itu Pramuka.
1.3 Tujuan Penulisan
Adapun tujuan di
adakan RTL ini adalah untuk memberikan kontribusi dalam memberikan sedikit masukan bagi penulis sendiri juga
pembina pramuka yang lain tentunya, agar benar- benar siap, baik merencanakan kegiatan maupun siap menguasai
materi pramuka agar tujuan mengatasi masalah
yang ada bisa teratasi atau setidak-tidaknya bisa semakin menciut
dan semakin mengerucut yang
akhirnya bisa menuntaskan semua masalah ini hendaknya. Setelah mengikuti
KPD sebagai Pembina
/pelatih Pramuka dapat menuangkan gagasannya melalui Rencana Tindak
Lanjut (RTL) yang di kemas
dengan selalu Berperan
aktif dalam kegiatan-kegiatan baik yang di selenggarakan oleh Kwartir Cabang Merangin
maupun Kegiatan Kwarran dan
kegiatan Rutin di Gugus Depan.
BAB II
RENCANA TINDAK LANJUT
2.1
Peran Pelatih
/Pembina dalam Melatih
Pramuka
Seperti
kita ketahui untuk menjadi seorang
pembina pramuka ini tidak bisa
abal-abal jadi seoarang pembina hendaknya
telah merasakan bagaimana
menjadi seorang peserta didik.
Mungkin
setidak-tidaknya aktif sebagai
pramuka di tingkat Penggalang dengan TKU yang pernah di dapatkan atau aktif menjadi seorang penegak minimal penegak
Bantara dan di harapkan telah menempuh pendidikan Kepramukaan seperti KMD (Kursus Mahir Dasar) atau KML
(Kursus Mahir Lanjutan).
Dan KPD (Kursus
Pelatih Dasar). Dengan dasar inilah seorang Pelatih/pembina baru tahu apa itu pramuka
dan kegiatan apa saja yang ada di dalamnya.Tapi sebaliknya jika seorang Pembina
/pelatih hanya berbekal Kostum dengan
dasar yang baru dengan atribut tanda satuan dll, dengan modal baju Pramuka
tanpa ada ilmu kepramukaan Ini yang di sebut Pembina Pramuka Abal-abal sudah pasti di dalam membina tidak jelas apa yang akan di lakukan
apa yang menjadi
tujuan dari setiap kegiatannya.
Jadi pendidikan Kepramukaan berperan penting untuk menjadi seorang
pembina/pelatih pramuka yang baik.
Peran Pembina/pelatih dalam merancang
kegiatan harus mempunyai muatan yang positif
dan sarat dengan keterampilan yang paling penting
selalu di tanamkan
pemahaman akan jiwa patriotisme, budi pekerti dan
ketangkasan sehingga hasil yang di harapkan nantinya benar-benar muncul peserta didik yang siap terjun di
masyarakat dengan segudang keterampilan dan tentunya berbudi pekerti yang luhur.
2.2 Rencana Tindak Lanjut (RTL)
Adapun rencana
awal di rancang di RTL dengan terlebih
dahulu memperhatikan Rencana
Pengembangan Naratama 1 Selama 6 Bulan dari Bulan ......... s.d ....... 2022. Tentunya dengan mempertimbangkan beberapa kegiatan yang merupakan Agenda
Kwartir Cabang Merangin dan agenda Kwarar
Pamenang Selatan serta agenda
yang ada Gugus Depan .
Kegiatan-Kegiatan yang telah di lakukan selama masa pengembangan Nara tama I meliputi :
- Latihan Pengembangan Kepemimpinan (LPK) Sebagai ..................
- Menjadi Instruktur Pelatih pada persiapan Lomba Tingkat IV Tahun 2022
- Menjadi Instruktur Pelatih pada persiapan Lomba Tingkat
V Tahun 2022
- Menjadi panitia
Pelaksana Kegiatan Perjusami Gudep ....... Tahun 2022
- Menjadi Juri pada Kegiatan
GSC penggalang Kwarran ........... Tahun
2022
- Menjadi Juri Pada Kegiatan Temu Penggalang II Kwarran ................
Tahun 2022
- Menjadi Instruktur Pelatih pada Kegiatan Geladian
Pimpinan Regu Tahun
2022
- Menjadi Peninjau
pada Kegiatan PERATA
Penegak dan PANDEGA Tahun 2022
- Menjadi
Instruktur Pada Kegiatan Pembekalan
Anggota Dewan Kerja Ranting Pamsel 10.
- Membina di gugus
Depan ................ pangkalan ..................... 2022
Disini
perlu juga di sampaikan data –data pendukung yang ada pada kegiatan-kegiatan tersebut di atas berupa daftar
kegiatan, piagam dan Surat Keputusan serta Poto-poto Kegiatan yang akan di lampirkan pada Halaman akhir Laporan ini.
BAB III
KEGIATAN
DI MASA PENGEMBANGAN
3.1 Lomba .....
Lomba...... adalah .........
Dokumen foto
3.2 Perkemahan ......
Perkemahan ...... adalah .........
Dokumen foto
3.3 Kegiatan di Gugusdepan ......
Kegiatan Gugudepan ........ adalah .........
Dokumen foto
3.4 Pembekalan ........
Pembekalan ............ adalah .........
Dokumen foto
3.5 Gladian .......
Gladian ....... adalah .........
Dokumen foto
3.6 Temu .....
Temu ........... adalah .........
Dokumen foto
3.7 Macam macam Kegiatan yang perlu di laksanakan
Adapun Kegiatan
yang akan di laksanakan dirancang
sedemikian rupa dengan mempertimbangkan
banyak hal seperti keadaan peserta didik, lingkungan (tempat latihan ), tenaga pendidik ( pembina). Rencana Awal Kegitan
tentunya akan di tuangkan di dalam roster yang
nantinya sebagai pedoman pada setiap kegiatan latihan. Adapun kegiatan ini
di masukkan dalam kegiatan
Ekstrakurikuler wajib pada gugus depan ............ yang harus di ikuti setiap
peserta didik nantinya. Kegiatan ini mengacu pada kepentingan sekolah dan kepentingan
peserta didik dan tentunya tidak
bertentangan dengan aturan-aturan yang ada dalam Anggaran dasar gerakan
Pramuka, dan anggaran Rumah tangga Gerakan Pramuka
Kegiatan –kegiatan yang di rencanakan meliputi :
- Pengenalan peserta didik
- Mendata jumlah peserta didik serta latar belakang nya, termasuk hal-hal
yang di sukainya
- Pembagian
tugas Pembina dengan menggali potensi dan kemampuan awal pembina. Hal ini bertujuan
supaya materi yang akan
di sampaikan nantinya
akan sesuai dengan muatan pengetahuan yang akan di inginkan.
- Merencanakan Kegiatan yang menarik, mendidik, dan penuh dengan
ketangkasan, ketrampilan
-
Mengadakan
Kegiatan dan latihan setiap minggunya dengan memberikan materi dengan berpedoman pada butir-butir SKU tingkat
Penggalang dengan metode yang menarik
bagi siswa
- Mengadakan
Kegiatan di alam bebas, seperti Perkemahan Jum’at sabtu minggu (Perjusami), atau Perkemahan Sabtu minggu (Persami)
- Mengadakan Pelantikan bagi siswa yang telah menyelesaikan SKU di semua tingkat, ini berguna untuk
memotivasi adik-adik agar
lebih semangat dalam setiap kegiatan
- Mempersiapkan peserta
didik yang siap tampil di ajang
lomba pada kegiatan pramuka seperti LT I, LT II, LT III, Ikut pada Jambore Ranting,Jambore Cabang, Kalau bisa Jambore Daerah ini semua
perlu persiapan dan rencana kerja
yang tersusun rapih.
- Memberikan Penghargaan yang berguna untuk memotivasi pembina
dan peserta didik dengan memberi
kan Piagam Penghargaan pada setiap Kegiatan
tertentu, atau bisa juga memberi
Hadiah sederhana untuk regu-regu juara pada suatu
kegiatan.
Semua kegiatan yang
telah di rencanakan di atas tentunya akan terealisasi dengan baik, apabila ada keseriusan dari semua fihak dalam mendukung program ini, mulai
dari pihak Sekolah, wali murid dan seluruh
komponen sekolah, karena untuk mencapai suatu keberhasilan di butuhkan dana yang tidak sedikit dan kesungguhan pembina
dalam mengabdikan diri di pramuka.
BAB IV
PENUTUP
4.1 Kesimpulan
Laporan ini hanyalah bentuk proses kegiatan yang telah dijalankan Penulis dalam Masa pengembangan Naratama. Dari Laporan RTL ini penulis merasa sangat jauh dari Kesempurnaan namun penulis berusaha
untuk berbuat semampunya sehingga laporan yang sederhana
ini dapat juga di selesaikan dan dukungan dan keseriusan dari semua fihak
untuk mendukung program itu,barulah
bisa berjalan sesuai dengan yang kita
inginkan. Dukungan penuh dari fihak
pelatih, pembina di sekolah untuk mempersiapkan perlengkapan dan dana merupakan faktor penentu kesuksesan suatu program di
tambah dengan kesiapan pembina dalam pengusaan
pengetahuan merupakan modal dasar keberhasilan dan yang lebih penting
lagi suport dari wali murid dalam memberikan
ijin pada anak-anaknya untuk ikut kegiatan
pramuka di sekolah. Tentunya dengan pengawasan bersama
wali murid dan pihak sekolah.
4.2 Saran
Saran Penulis
penting sekali Dukungan
yang positif dari Semua pihak Kwarcab, kwarran
dan pihak sekolah untuk Mendukung setiap Kegiatan atau program ini, semoga
kedepannya Masa Pengembangan
Naratama ini benar-benar dapat
menjadi penambah Khasanah dalam membangkitkan minat peseerta didik
untuk bangkit menjadi Pandu sejati.
DAFTAR PUSTAKA
- Andri
Bob Sunardi ; Boyman Ragam latih Pramuka
- Tim Pah ; Panduan
lengkap Gerakan Pramuka
- Mukson ; Buku Panduan
Materi Pramuka Penggalang. Tahun 2011
- Pusat Pengembangan Tenaga Kependidikan. 2014; Pelatihan
Implementasi Kurikulum 2013 Kepala Sekolah:
Pendidikan Kepramukaan.
Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
- Badan Penelitian dan Pengembangan. 2014;
Pedoman Penyelenggaraan Ekstrakurikuler Wajib Pendidikan Kepramukaan di Satuan Pendidikan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
- Internet ; makalah pramuka
Baca juga :